Mari bersama-sama berpartisipasi dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, berpendidikan dan bernuansa islami

Sabtu, 31 Juli 2010

Small Winning Pengusaha IT

Kalau Shakespeare pernah bilang apalah arti sebuah nama,namun bagi Dwi Wahyono nama itu mempunyai arti yang sangat penting. Nama itu sebuah doa. Nama itu sebuah pengharapan. Maka dipilihlah "Bilhaq" sebagai nama usaha pertama Dwi Wahyono itu. Kata bilhaq sendiri sesungguhnya
Dwi Wahyono ambil dari Surat Al-Ashr : Wal Asri Innal Insan nalafi khusr,ilallazi na'amanu wa'amilus sallehati, Watawa saubilhaqwatawa saubilsabr. Semoga dengan nama tersebut usaha Dwi Wahyono dijalankan inisenantiasa berada dalam kebenaran (kebaikan).Amin...

Periode awal merupakan saat yang terberat, dimana usaha ini berpacu untuk bisa menghidupi dirinya. Sampai setahun lamanya usaha ini belum mencapai keuntungan. Bahkan hampir setiap bulan mesti nombok untuk menutup biaya operasional. Hingga pada akhirnya karena tidak enak terus nombok, Dwi Wahyono harus mengembalikan modal dari para investor karena usaha yang dirintis tidak memberikan hasil.

Langkah-langkah efisiensi segera dilakukan, seperti memangkas jumlah pegawai, lalu mencari supplier yang mampu memberikan harga terbaik, dan yang paling tidak kalah penting yaitu strategi marketing yang lebih terukur. Membuat personal blog baik di Blogspot (http://dwiwahyono.blogspot.com/)
atau Multiply (http://dwahyono.multiply.com/) turut membantu strategi yang dijalankan.

Dan strategi ini sepertinya berjalan baik. Bilhaq dot com (www.bilhaq.com) pun perlahan memasuki babak baru dalam cashflow. Perlahan minus sudah mulai berkurang. Suntikan modal (subsidi) untuk menutup biaya operasional dari Dwi Wahyono sudah mulai berkurang juga. Order komputer dan
laptop serta asssoriesnya pun mulai berdatangan. Sebagian Customer lama yang repeat order sebagian lagi customer baru.

Momen Idul Fitri 1429H ini tampaknya menjadi momentum kebangkitan Bilhaq dot com (www.bilhaq.com). Alhamdulillah..wa syukurillah.. sejak lebaran ini omset meningkat tajam. Order seakan datang bertubi-tubi. Permintaan Penawaran silih berganti. Meski tidak semuanya menjadi penjualan, namun ini menjadi tanda bahwa Bilhaq sudah mulai dikenal. Dan menjadi terbiasa saat menerima telpon dan dari seberang sana mengatakan : "Apa benar ini dengan Bilhaq?".

Saat ini menjadi happy problem buat Bilhaq..problem bagaimana dengan tenaga yang terbatas bisa
memenuhi permintaan customer baru atau lama yang minta diantar pesanannya. Problem bagaimana mengatur agar kurir sekaligus teknisi bisa bekerja secara efesien agar biaya dapat ditekan. Maklum customer sebagian besar ingin dilayani secara cepat dan memuaskan.

Semoga Bilhaq dot com (www.bilhaq.com) bisa mengatasi "problem" ini. Agar dapat mengimbangi
peningkatan omset yang sangat signifikan ini tanpa mengurangi pelayanan kepada customer. Tapi jangan membayangkan Omsetnya seperti Pak Roni Yuzirman (http://www.roniyuzirman.blogspot.com/)
dengan Manet-nya, atau Pak Iim Rusyamsi (http://www.iimrusyamsi.com/) dengan Dokter Komputernya , atau Mas Eddy Azzy dengan Warung Barokahnya (http://warungbarokah.com/) , atau dengan si Raja Selimut Pak Hadi Kuntoro (http://hadikuntoro.blogspot.com/), atau rekan-rekan lain. Pencapaian Bilhaq ini baru merupakan Small Winning dalam skala mikro.
(AA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar